![]() |
| (Sumur : http://emperoral.blogspot.co.id/2013/04/ pt-metrodata-electronics-tbk.html) |
PT Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia.
Perseroan didirikan pada 17 Februari 1983 sebagai salah satu perusahaan dalam kelompok usaha METRODATA yang telah berkiprah di bidang TIK sejak 1975. Sejak didirikan, Perseroan mengalami perubahan nama beberapa kali, dan terakhir pada 28 Maret 1991 namanya diubah menjadi PT Metrodata Electronics Tbk hingga sekarang.
Pada tanggal 14 Februari 1990 Perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (IDX: MTDL).
Di tahun 2008, Perseroan mengakuisisi Soltius Asia Pte Ltd, perusahaan konsultan SAP yang mapan. Soltius Asia Pte Ltd adalah pemilik PT Soltius Indonesia yang kini merupakan salah satu entitas anak Perseroan dalam kelompok METRODATA.
Di tahun 2008, Perseroan membeli 37,21% saham PT Xerindo Teknologi, perusahaan dengan keahlian di bidang perencanaan radio, instalasi, pengujian / commisioning, perawatan, dan sebagainya.
Pada tanggal 28 Januari 2011, Perseroan mendirikan entitas anak, PT My Icon Technology, yang bergerak di bidang ICT Modern Retail meliputi modern store, e-commerce dan shop in shop dengan menyediakan produk-produk TIK secara ritel dan langsung kepada konsumen selaku pengguna akhir.
Pada tanggal 26 September 2011, Perseroan mengembangkan bisnisnya melalui usaha patungan dengan Synnex Technology International Corp (Synnex), sebuah perusahaan Taiwan. Synnex adalah perusahaan ketiga terbesar di dunia (dan terbesar di Asia) dalam bisnis distribusi produk TIK.
Pada tanggal 4 Januari 2012, Perseroan mendirikan PT Logicalis Metrodata Indonesia sebagai usaha patungan dengan Logicalis Singapore Pte Ltd. Usaha patungan ini menyediakan solusi dan jasa terintegrasi di bidang TIK, khususnya di bidang solusi dan jasa jaringan.
Saat ini Perseroan bermitra dengan perusahaan TIK kelas dunia, di antaranya Adobe, Alaric, AMD, APC, ASUS, Autodesk, Axis Communications, Avaya, Aztech, Blue Coat, BMC Software, Check Point, Cisco, Citrix, CommVault, Dell, D-Link, Double-Take, EC-Council, EMC, Emerson Network Power, EPSON, F5, FalconStor, Fortis, Flexera, Fortinet, Fuji Xerox, Fujitsu, Hitachi Data Systems, Hewlett Packard Enterprise, Huawei, IBM, Infor, K2, Kaspersky, Lenovo, McAfee, Microsoft, MSI, Murex, NetApp, Nintex, Nutanix, Oracle, OrangE, Pearson Vue, Philips, Prometric, Qlik, RedHat, Riverbed, Remedy, Ruckus, Salesforce, Samsung, SAP, Sbox-Splunk, SpeedUp, Stratus, Symantec, Transcend, Trend Micro, Veritas, VMware, WebMethods, dan ZTE.
Visi & Misi Perusahaan
Sebagaimana umumnya
perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, Perseroan memiliki seperangkat prinsip
panduan yang menjadi acuan bagi manajemen maupun karyawan dalam mengembangkan
strategi Perseroan serta dalam membangun reputasi Perseroan. Visi dan Budaya
Perusahaan Perseroan tercermin dengan baik dalam pernyataan berikut:
Visi Perseroan
Memaksimalkan nilai bagi pemangku
kepentingan dan membangun lingkungan yang ideal untuk bekerja.
Budaya Perusahaan
Bagi METRODATA budaya perusahaan
bukan sekedar pajangan atau rumusan kata-kata yang semu tetapi merupakan jiwa
dan roh yang menjadi pegangan sumber daya manusia dalam menjalankan
kewajibannya, pedoman bertindak dan berperilaku dalam organisasi, serta pembimbing
METRODATA dalam mencapai tujuannya.
Budaya Perusahaan terutama sangat
penting bagi perusahaan teknologi seperti METRODATA untuk tetap fokus seraya
bertumbuh di lingkungan persaingan bisnis yang dinamis dan berubah dengan cepat
serta tantangan globalisasi yang menuntut organisasi yang kuat, lincah dan
unggul.
Efektif sejak 1 Januari 2013,
METRODATA telah secara bertahap merumuskan dan mensosialisasikan pengamalan
budaya perusahaan yang baru yang diterjemahkan ke dalam TIGA pilar
utama—Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship— beserta LIMA BELAS
prinsip tindakan.
PILAR UTAMA 1 | INTEGRITAS
Integritas adalah konsistensi
dalam bertindak sesuai dengan norma-norma moral, etika, dan hukum, serta
berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan memeliharanya.
Perusahaan yang tidak memiliki
integritas sebagai fondasinya biasanya tak akan bertahan lama. Karena itu nilai
ini menjadi yang pertama dan utama dan harus dimiliki, dihayati dan diamalkan
oleh setiap karyawan. Pada tingkat korporasi, integritas merupakan salah satu
praktik dalam pelaksanaaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik.
Prinsip-prinsip Integritas dalam
tindakan:
- Jujur, beretika, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
- Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
- Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
- Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
- Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan
PILAR UTAMA 2 | PROFESIONALISME
Profesionalisme adalah sikap,
perilaku dan tindakan yang menunjukkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan
yang tinggi yang dikembangkan secara terus menerus dalam menghadapi tantangan
dan mensukseskan Perseroan.
Ketika menggunakan produk-produk
dan jasa-jasa METRODATA, pelanggan mengharapkan kualitas pelayanan yang terbaik
dari METRODATA sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan
mereka.
Karena itu setiap karyawan
METRODATA dituntut untuk senantiasa bersikap profesional.
Prinsip-prinsip Profesionalisme
dalam tindakan:
- Memberi solusi dan pelayanan yang prima
- Memiliki kedisiplinan yang tinggi
- Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk mendukung kinerja
- Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
- Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan
UTAMA 3 | ENTREPRENEURSHIP
Entrepreneurship adalah semangat
dan jiwa wirausaha yang menggelora untuk terus melakukan perubahan ke arah yang
lebih baik, mampu mengeksekusi ide menjadi kenyataan, berani mengambil
inisiatif, tidak takut dengan kegagalan dan mampu mengelola hubungan yang
harmonis bersama dengan pemangku kepentingan.
Perusahaan yang akan unggul dan
langgeng di masa depan adalah perusahaan yang memiliki sumber daya manusia yang
berjiwa entrepreneur.
Tanpa energi entrepreneurship,
sebuah perusahaan, apalagi perusahaan teknologi seperti METRODATA terancam
menjadi tidak relevan di tengah era persaingan yang sengit.
Prinsip-prinsip Entrepreneurship
dalam tindakan:
- Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
- Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
- Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul
- Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
- Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap keputusan
Unit Bisnis
Sejalan dengan perkembangan bisnis, METRODATA melakukan terobosan melalui pendirian anak usaha maupun usaha patungan. Secara garis besar, kegiatan Perseroan kini dibagi menjadi 6 unit bisnis utama yakni:
- Bisnis Distribusi (PT Synnex Metrodata Indonesia) yang menangani bidang usaha distribusi Teknologi Informasi Komunikasi.
- Bisnis Solusi (PT Mitra Integrasi Informatika) yang menyediakan solusi lengkap mulai dari disain dan blue print, konsultasi, implementasi, dukungan, pemeliharaan, managed services dan pelatihan.
- Bisnis Konsultasi (PT Soltius Indonesia) yang menawarkan keahlian dalam bidang solusi transformasi bisnis dan jasa konsultasi.
- Bisnis Retail (PT My Icon Technology) yang menyediakan produk-produk TIK secara ritel dan langsung kepada konsumen selaku pengguna akhir.
- Bisnis Jaringan (PT Logicalis Metrodata Indonesia) yang menawarkan jasa dan solusi jaringan.
- Bisnis Layanan Telekomunikasi (PT Xerindo Technology) yang menyediakan jasa perencanaan radio, instalasi, pengujian/commisioning, perawatan.
Pendapat Pribadi
Berdasarkan review dari beberapa kaskuser dari forum kaskus. Perusahaan ini cukup bagus untuk mencari pengalaman dibidang IT, karena cukup banyak ilmu yang akan didapat oleh fresh graduate. Untuk karir kedepannya cukup bagus.
Sumur :
- http://emperoral.blogspot.co.id/2013/04/pt-metrodata-electronics-tbk.html
- www.metrodata.co.id
- http://www.kaskus.co.id/thread/513ae2ef1a76086661000003/ask-all-about-metrodata-group

Tidak ada komentar:
Posting Komentar