SEO ( Search Engine Optimization )
atau dalam Bahasa Indonesia berarti Optimisasi Mesin Pencari, adalah
serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju
situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin
pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada
posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan
kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati
posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk
mendapatkan pengunjung.
1. Mendatangkan
Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti
yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik
dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari,
misalnya #Google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka
peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar.
Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis
Anda.
Mengapa saya
menyebutkan trafik dari Google adalah trafik potensial? Tidak semua sumber
trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut
berasal dari website-website auto surf yang memberikan visitor bot ke website
Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan bisnis
Anda, trust me!
Para
pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka mencari
produk yang mereka butuhkan, atau mencari informasi bermanfaat untuk memberikan
solusi pada masalah mereka. Nah ketika mereka menemukan website bisnis Anda
melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil pencarian berdasarkan
kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi customer karena mereka
menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Trafik potensial ini
akan datang terus menerus ke website Anda secara gratis dan akan membantu
meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnis Anda.
2. Meningkatkan
Brand Awareness Bisnis
Brand
Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun
mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka
kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak
cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah
dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
Ketika
pengguna internet mencari informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google
dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda maka kemungkinan besar
mereka akan mengingat halaman website yang memberikan informasi berharga
tersebut, yaitu website Anda. Semakin banyak orang yang membuka website Anda
dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin
terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna internet.
3. Mendapatkan
Data Customer dengan Gratis
Banyak
pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di
berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email,
nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia
bisnis mereka. Apa manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui data calon customer
maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk
baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama.
Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.
Bila
website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah
untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita
membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya
layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.
Sebenarnya
masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di
atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO
bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda
akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.
Apa saja kegiatan dalam SEO?
Di dalam strategi SEO, ada dua hal
PENTING yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On
Page dan SEO Off Page.
SEO On Page
SEO On Page
adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu
sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik
website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Beberapa elemen
penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
- Riset keywords, baca artikel “Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner” untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat;
- Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat;
- Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten;
- Menambahkan description yang relevan dengan website;
- Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens;
- Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly;
- Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4);
- Mengatur navigasi website sebaik mungkin;
- Membangun internal links;
- Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image;
- Dan lain-lain.
SEO Off
Page
SEO Off
Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang
dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu
didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off page
dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju
website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk
meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:
- Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain);
- Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain);
- Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain);
- Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain);
- Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain);
- Links dari website yang menerima guest blogger;
- Dan lain-lain.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar