E-Commerce
·
Pengertian
E-Commerce (Bahasa Indonesia : Perdagangan Elektronik) adalah
penyebara, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system
elektrtonik seperti internet atau televise, www atau jaringan computer lainnya.
E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan data
otomatis.
Bhinneka.com
·
Latar
Belakang
Sejak awal Bhinneka.Com berdiri, kami bertekad
membangun bisnis yang berdaya tahan panjang. Mengutamakan citra merk dengan
pelayanan dan menjadikannya bagian dari budaya kerja. Fokus pada pelayanan
berarti memberi nilai tambah dalam setiap layanan. Sebab itulah mengapa
pelanggan kami menekan tombol 'beli' dan tetap kembali lagi di kemudian hari.
Menengok sejenak ke belakang, kami bersyukur
fokus pada pelayanan dan 'human touch' dalam membangun Bhinneka.Com, yang
dirumuskan dengan sebuah kalimat sederhana 'Pelayanan Dari Hati'. Dan sekarang,
kalimat ini telah menjadi esensi dalam setiap langkah yang kami lakukan, mudah
dicerna tanpa perlu segala embel-embel dan frase-frase yang sulit untuk
dipahami seluruh Bhinnekaners dalam melayani pelanggan kami.
·
Visi
dan Misi
Visi
"Menjadi
sebuah perusahaan kelas dunia dengan semangat pemanfaatan informasi teknologi,
dan menjadi kebanggaan bangsa."
Misi
"Menjadi
webstore nomor satu di Indonesia yang menyediakan kelengkapan dan kemudahan
belanja, serta memperhatikan dan memberikan pengalaman belanja yang berkesan
kepada pelanggan, melalui nilai-nilai delapan dimensi pengalaman."
·
Fitur
Bhinneka.com
Secara
general situs Bhinneka.com terdiri atas bagian-bagian:
1.
Laman Depan (Front page) Merupakan display teranyar produk maupun
promo-promo yang digelar
2.
Laman List (List page) Merupakan tampilan seluruh seri produk atas
suatu kategori, yang dapat dimunculkan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan
urutan paling murah, paling mahal, merek atau spesifikasi tertentu
3.
Laman lengkap (Details page) Merupakan tampilan lengkap seluruh
informasi atas sebuah seri produk, dan pada halaman.
4.
Footer – terdiri atas dua bagian informasi, yaitu: Menu-menu yang
memuat seluruh informasi perusahaan dan layanan-layanan yang diberikan dan Site
map yang memudahkan pengunjung langsung menuju daftar produk/jasa yang
dibutuhkan.
Fitur
Layanan Penting
- Penelusuran
Order (tracking
order) Fitur ini menampilkan informasi pesanan yang dilakukan oleh
pembeli. Mulai dari verifikasi pembayaran, estimasi pengiriman dan status
pengiriman termasuk data lengkap penelusuran pengiriman.
- Penelusuran Service (tracking
tech.log) Fitur ini menampilkan informasi status perbaikan. Oleh
karena Bhinneka.Com memiliki pusat layanan teknis kepada pelanggan, dan
menjadi authorize service center beberapa merk seperti Lenovo,
Hewlett Packard, HTC, Tablet, maka setiap klaim garansi atau-pun layanan
perbaikan dapat di telusuri melalui fitur ini.
- Testimoni Pengguna Produk
(review products) Ini adalah fitur testimoni atas produk yang digunakan.
Pe-review menuliskan berdasarkan pengalamanan pemakaian produk, kelebihan
dan kekurangan serta hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam
pembelian produk tersebut. Fitur ini salah satu yang berguna untuk calon
pembeli produk ini.
- Petugas Pelayanan (contact
us) Seluruh informasi petugas yang melayani tersedia disini, sehingga
setiap email pengunjung akan langsung ditujukan ke bagian yang melayani.
- Lokasi toko (Store
Location) Bhinneka.com selain sebagai situs online, juga memiliki
toko-toko offline pendukung, untuk pelanggan yang ingin melihat produk
terlebih dahulu, atau ingin melakukan transaksi langsung serta menyakinkan
diri akan keberadaan dan sejauh mana Bhinneka.com adalah perusahaan yang
dapat dipercaya, dapat ke-toko-toko offline. Harga yang mereka tawarkan
antara online maupun offline sama.
- Panduan Belanja (Shopping
Guidance) Di sini tersedia informasi lengkap baik tata cara belanja,
berbagai cara melakukan belanja maupun berbagai metode bayar yang dapat
digunakan.
Promo
Seru
- Harga
Rebutan Pengunjung mesti rebutan membeli barang-barang promo ini, karena
harga murah dan kuantiti yang disediakan terbatas. Harga Rebutan ini
tayang setiap hari Kamis untuk para pengguna Mandiri Clickpay, sementara
untuk seluruh pengunjung promo mereka tayang di hari Selasa.
- Tawar Online "Belanja suka nawar..."
itulah keasyikan yang diberikan dalam fitur ini. Konon fitur ini dibuat
karena kebiasaan para pembeli yang suka menawar bahkan ketika memasukkan
barang ke keranjang belanja, masih di tulis komentar untuk meminta diskon.
Fitur ini dilayani oleh robot pintar.
- Midnight
Sale Ini promo besar-besaran yang beberapa kali di gelar pada event
khusus, sesuai dengan namanya, promo ini digelar mulai jam 20.00 WIB
sampai menjelang pagi.
- Sahur Sale Promo khusus menjelang lebaran
ini dilakukan pada jam sahur selama bulan Ramadan.
- Sweet
Deals Promo ini adalah promo setiap hari yang digelar untuk gadget, setiap
hari jenis gadget berganti-ganti.
- Sabar
Sikat Ini adalah fitur yang termasuk unik, sebab selama ini kita
mengetahui lelang dengan harga naik, yang ikut lelang menaikkan tawaran,
tapi yang terjadi pada fitur Sabar atau Sikat ini adalah pengikut lelang
menunggu harga turun. Pengikut lelang mau langsung belanja atau masih mau
menunggu harga turun.
- Lelang
Balai Lelang yang diadakan di Balai atau Forum di Bhinneka.Com adalah
lelang klasik seperti yang Anda tahu. Yaitu pengikut lelang menaikkan
harga sesuai dengan ketentuan lelang. Yang berbeda dengan lelang pada
umumnya, karena mereka melelang produk yang paling baru sampai lelang stok
sesuai dengan hari diadakan lelang.
Fitur Seru
1. Listpedia! Anda dapat menuliskan seluruh
daftar-daftar produk yang disukai, diimpikan melalui listing di ListPedia ini.
Sekali-kali Bhinneka.Com mengadakan acara untuk yang melakukan listing produk
di ListPedia, artinya Anda bisa saja mendapatkan secara gratis produk yang di
listing.
2. What’s Cool?
Mau cepat mengetahui apa saja yang keren-keren dan sedang berlangsung di
Bhinneka.com, fitur ini cukup membantu karena secara cepat kita dapat
mengetahui promo yang berlangsung. Letak fitur ini ada di menu sebelah kiri
atau side bar.
3. Bhinneka Post Dalam fitur ini terdapat dua topik,
yaitu mengulas produk dari tim Bhinneka.com sendiri yang katanya produk
dipinjamkan oleh para vendor. Ada juga berita-berita seputar perkembangan IT
dan berita heboh lainnya yang dapat Anda baca di Bhinneka Post ini.
4. Bursa Bursa
adalah fasilitas jual beli produk second yang disediakan sebagai fasilitas
gratis untuk para member melakukan kegiatan jual beli. Kalau diperhatikan, para
pengguna Bursa selain menjual produk second juga tampak ada yang menjual produk
baru. Sayangnya kategori produk yang boleh dijual masih senada dengan layanan
produk Bhinneka.com.
5. Balai Namanya Balai atau biasanya di kenal
sebagai forum. Forum ini dikembangkan oleh Bhinneka.com dengan aplikasi yang
siap pakai. Jadi memang tidak terasa ada keistimewaan atau hal yang unik.
Mungkin yang berbeda dengan forum lainnya adalah mereka suka mengadakan
acara-acara di sini.
6. Affiliate Program
afiliasi Bhinneka.Com cukup menarik dan mudah untuk digunakan. Program ini
belum terlalu berbeda dengan affiliate lainnya, kecuali komisi yang di tawarkan
dalam program ini menarik. Karena ada komisi standard sebesar 0.5%, dan pada
kategori tertentu diberikan komisi lebih tinggi, seperti kategori buku fotografi
mereka berikan sampai 10%.
7. Bhinneka
Travel Bhinneka.com
tergabung dalam affiliasi dengan HotelsCombine dalam melayani penjualan tiket
dan hotel.
·
Kelebihan
dan kekurangan situs Bhinneka.com
Kelebihan
Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :
- Katalog
yang terstruktur dengan baik.
- User
dapat mengunduh file katalog dan harga dalam format pdf.
- Memiliki
script pengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan customer.
- Tawar
online
- Photography
page (all about camera)
- Mobile
version (khusus untuk diakses melalui mobile phone)
- DropDown
menu (memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
- Rancang
sendiri (build your own PC)
- JNE
(jasa pengiriman)
- e-Care
(garansi produk (untuk notebook) 24 bulan)
- Payment
confirmation e-mail & SMS (notifikasi, apabila uang telah diterima
pihak bhinneka.com)
- Service
tracking (ketahui sendiri kondisi barang anda yang sedang diservice
teknisi bhinneka.com)
- Help/FAQ
Kekurangan
Beberapa
kekurangan dari fitur yang ada pada website Bhinneka.com yaitu :
·
Salah satu fitur yang kurang dari bhinneka.com
dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang membuat calon pembeli
menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin dibeli.
·
bila kita perhatikan deskripsi produk di
bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila
bhinneka.com tersedia dalam dua versi bahasa, dan banyak lho situs yang dual
mode bahasanya tapi tidak nyampur jadi satu. Bahasa yang dicampur ini akan
membuat pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang
mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa Inggris dengan baik)
apabila spesifikasi produk hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
·
URL yang digunakan oleh bhinneka.com belum
“ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll. karena URL yang
digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila
kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari
bhinneka.com tidak akan terindex. JAdi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin
membuat situs toko online, maka gunakanlah URL yang ‘ramah’ mesin pencari
supaya calon pembeli lebih cepat menemukan situs Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar